Sunday, January 25, 2015

Martabak Manis Yang Tidak Pakai Ragi

MARTABAK MANIS TIDAK PERNAH MENGGUNAKAN RAGI

Setelah membaca buku saya tentang "UKM Martabak manis". Seorang penelpon berkali-kali menanyakan kepada saya, 'apakah membuat martabak manis tanpa Ragi atau Yeast (lihat penjelasan bahan ini dalam buku saya "soft Bread") bisa bagus?' Berulangkali juga saya menjawab: pasti sangat bagus! Tapi jawaban saya membuat penelpon tersebut masih penasaran dan kembali bertanya lagi. Lalu saya diam sejenak dan bertanya dalam hati, 'pakai ragi?' Karena selama bertahun-tahun, teman-teman saya yang berasal dari Bangka dan kebetulan pedagang martabak yang sukses, tidak pernah menggunakan bahan ragi dalam resep martabak manis. Dan sayapun tidak menggunakan bahan tersebut. Dan semua foto martabak manis dalam situs ini, sedikitpun tidak menggunakan ragi.

Penelpon lain, adalah seorang franchisee (pembeli franchise) martabak dari perusahaan tepung terigu yang sangat terkenal. Franchisee ini menanyakan dua hal kepada saya: pertama, pertanyaannya sama dengan penelpon pertama. Kedua, mengapa hasil martabaknya tidak sama dengan martabak yang biasa dijual pada umumnya. Pada waktu itu saya menyarankan untuk menanyakan langsung  kepada produsen tepung premix yang dia gunakan. Penelpon ini sudah membaca buku saya 'UKM Martabak manis" dan tidak menemukan bahan ragi dalam buku saya.

Belakangan saya menemukan tepung premix martabak manis banyak dijual di toko bahan-bahan kue,  dan dalam komposisinya disebutkan bahan ragi. Oh... saya jadi mengetahui mengapa ada beberapa penelpon yang menanyakan hal yang sama.

Yang lagi ada yang menambahkan santan, Waoh...! Jika tujuannya hanyalah untuk kreatifitas tidak masalah! Karena membuat martabak dengan mengunakan ragi dan santan memang bisa. Walaupun tekstur yang terbentuk berbeda. Dan warna 'daging' martabak tidak cerah. Hanya saja jika benar-benar ingin membuat pintar orang lain, ya berilah pengajaran yang benar-yang sesungguhnya untuk membuat martabak manis bagaimana? Apa bahan-bahan yang harus digunakan? Baru kemudian menjelaskan soal modifikasi martabak yang bisa dilakukan. Tidak cukup hanya sampai di sini, konsumen atau pecinta boga seharusnya diberi tahu pengaruh penambahan ragi bisa membuat hasil martabak beraroma seperti kue pukis. Sehingga para pecinta boga dan konsumen memiliki pemahaman yang benar tentang martabak manis yang berkualitas itu seperti apa.

Dikutip dari http://www.martabakspektakuler.com/articles/tepung_martabak_ragi.html

1 comment:

  1. Slot Machines for Sale - Slot Machines - JamBase
    View our vast inventory of 세종특별자치 출장안마 Slot Machines, 전주 출장마사지 video poker, and electronic 포항 출장샵 games at 이천 출장안마 JamBase! Whether you're a beginner 양산 출장샵 or have a passion for

    ReplyDelete